NEWS
Prediksi Liverpool vs Manchester United

Big match Liga Inggris pekan ke-18 nanti akan diwarnai pertarungan dua tim calon juara, Liverpool vs Manchester United di Stadion Anfield, Minggu (17/1/2021) malam. Laga Liverpool vs MU dijamin berjalan panas dan seru karena kedua tim sama-sama tengah berebut puncak klasemen yang baru saja berganti tengah pekan ini.

MU datang ke markas Liverpool dengan modal bagus karena berhasil merebut puncak klasemen Liga Inggris dari tangan Si Merah. MU naik ke peringkat pertama setelah mengalahkan Burnley dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Paul Pogba. MU kini ada di puncak klasemen dengan nilai 36 dari 17 laga berbeda poin dari The Reds.

Kemenangan penting ini juga memperpanjang rekor tandang tak terkalahkan MU di Liga Inggris menjadi 15 pertandingan. MU duduk di puncak klasemen untuk pertama kalinya sejak kampanye perebutan gelar terakhir mereka di bawah Sir Alex Ferguson pada 2012/2013.

Usai pertandingan tersebut, pelatih Manchester United Solskjaer, mengaku sangat senang ada di puncak klasemen Liga Inggris dan sudah siap bertemu dengan Liverpool pada akhir pekan nanti.

"Ini posisi yang brilian," kata Ole Gunnar Solskjaer kepada Sky Sports. "Tentu saja kami tahu kami akan pergi ke juara yang memiliki tiga setengah musim yang luar biasa, kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kami, tetapi kami siap untuk itu."

Nemanja Matic yang juga turun dalam laga melawan Burnley turut menegaskan pasukan Setan Merah sudah siap tempur melawan Liverpool. Bagi Matic, laga akhir pekan nanti salah satu pertandingan terbesar.

"Mari lihat saja pertandingan Minggu melawan Liverpool. Itu adalah pertandingan terbesar di Inggris dan kami pergi ke sana untuk bersaing dengan mereka, dan melihat posisi kami saat menghadapi salah satu tim terbesar di liga. Menurut saya kami sudah siap," kata Matic seperti dikutip laman resmi klub.

Sementara itu, fans Liverpool menyoroti keputusan operator Premier League yang memilih wasit Paul Tierney untuk memimpin pertandingan Liverpool vs Manchester United di Stadion Anfield nantu. Tierney akan didampingi Stuart Attwell sebagai pengawas VAR dan ofisial keempat Craig Pawson.

Yang menjadi masalah adalah Tierney jarang memberikan penalti untuk Liverpool dalam 13 laga Liverpool. Sedangkan MU sudah menerima lima hadiah penalti dari Tierney dari 13 pertandingan. Jadi, akankah Tierney memberikan hadiah penalti lagi untuk MU, atau malah sebaliknya?

Liverpool sendiri harus memenangkan pertandingan ini demi merebut kembali puncak klasemen dan terus berlari mempertahankan gelar juara Liga Inggris. Masalahnya, skuat Liverpool sedang dilanda inkonsistensi. Anak asuh Jurgen Klopp itu hanya meraih dua kemenangan dari lima pertandingan.

Bahkan Mohamed Salah cs kini tengah paceklik gol. Setelah menang besar 7-0 lawan Crystal Palace, Liverpool seperti kehilangan sentuhan magis di depan gawang. Hanya satu gol dari tiga laga bukanlah the Reds yang biasanya.

Klopp harus bisa membangkitkan rasa haus gol para pemainnya seperti melawan Tottenham Hotspur. Jika gagal, bisa jadi MU yang malah mencuri poin di Anfield.

Klopp Vs Solskjaer:

Klopp hingga saat ini sudah meraih 1602 poin dari 467 kemenangan, 201 hasil imbang, dan 209 kekalahan. Jika dirata-rata, maka setiap pertandingan, Klopp mencetak 1,8266 poin.

Sedangkan Solskjaer sudah meraih 756 poin dari 414 pertandingan. Poin pria asal Norwegia itu dari 227 kemenangan, 75 kali imbang, dan 112 kali kekalahan. Dalam tiap pertandingan, Solskjaer mendapat 1,8260 poin.

Solskjaer:

"Apa yang kami capai saat ini adalah hasil dari semua kerja keras yang telah kami lakukan saat latihan dan apa yang dilakukan para pemain setiap hari dan kami mungkin pantas berada di tempat kami saat ini."

"Tidak akan banyak orang yang berpikir soal hal lain selain kesal jika kami ke sini enam minggu lalu dan mengalahkan Liverpool di Anfield. Kami menantikan pertandingan ini dan berharap kami dapat menyebabkan kekecewaan itu."

Klopp:

"Jujur, saya sangat menantikan pertandingan ini. Saya tahu Ole mengatakan ini adalah momen terbaik untuk menghadapi Liverpoo. Ya, kita lihat saja nanti," kata Klopp dalam konferensi pers menjelang pertandingan.

"Kami kalah dari Southampton pekan sebelumnya, yang itu jelas tak kami inginkan. Tetapi keesokan harinya kami berbicara, keesokan harinya kami bertemu dan para pemain mengatakan apa yang mereka rasakan."

Lima pertandingan Liverpool:

Southampton vs Liverpool 1-0
Newcastle vs Liverpool 0-0
Liverpool vs West Brom 1-1
Crystal Palace vs Liverpool 0-7
Liverpool vs Tottenham Hotspur 2-1

Lima pertandingan Manchester United:

Burnley vs Manchester United 0-1
Manchester United vs Aston Villa 2-1
Manchester United vs Wolves 1-0
Leicester vs Manchester United 2-2
Manchester United vs Leeds United 6-2

Prediksi Susunan Pemain Liverpool vs MU:

Liverpool ( 4-3-3 ): Alisson; Fabinho, Jordan Henderson, Andrew Robertson, Trent Alexander-Arnold; Wijnaldum, Thiago, Chamberlain; Firmino, Mane, Salah

MU ( 4-2-3-1 ): Dea Gea;Bailly, Maguire, Shaw, Wan-Bissaka; Pogba, Martial, Rashford, Fernandes, Matic; Cavani

Hasil head to head Liverpool vs MU:

Sunday 19 January 2020
Anfield, Liverpool
Liverpool 2-0 Man Utd

Sunday 20 October 2019
Old Trafford, Manchester
Man Utd 1-1 Liverpool

Sunday 24 February 2019
Old Trafford, Manchester
Man Utd 0-0 Liverpool

Sunday 16 December 2018
Anfield, Liverpool
Liverpool 3-1 Man Utd

Saturday 10 March 2018
Old Trafford, Manchester
Man Utd 2-1 Liverpool